logo

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA BUNGKU KELAS II || Anda memasuki Kawasan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani || Harap ikuti Protokol Kesehatan JAGA JARAK dan PAKAI MASKER dengan Benar || Patuhi Tata Tertib yang berlaku saat berada di Pengadilan Agama Bungku || Terimakasih atas Perhatiannya || Contact Person : 085240993139 (Whatsapp)

BERPERKARA SECARA ELEKTRONIK (E-COURT)

posterecourt1  posterecourt2  posterecourt3  posterecourt4  posterecourt5  posterecourt6  posterecourt7

2022 ProgPri Badilag 1 2022 ASN BERAKHLAK Laporkan

Berita Pengadilan Agama Bungku

Written by Sulaiman MS on . Hits: 83

PENGADILAN AGAMA BUNGKU LAKSANAKAN DELEGASI SIDANG PEMERIKSAAN SETEMPAT (DESCENTE) DARI PENGADILAN AGAMA PINRANG

Berita 20220115 PS Bahodopi 1

Bahodopi – Pada hari Jumat, tanggal 14 Januari 2022 Pengadilan Agama Bungku untuk pertama kalinya pada tahun 2022 ini melaksanakan Descente atau Sidang Pemeriksaan Setempat (PS) permohonan delegasi dari Pengadilan Agama Pinrang pada perkara nomor 763/Pdt.G/2021/PA.Prg., dengan berpedoman pada ketentuan Pasal 180 R.Bg. jo SEMA Nomor 7 Tahun 2001 tentang Pemeriksaan Setempat yang menjelaskan bahwa “Pemeriksaan Setempat atau Descente ialah pemeriksaan mengenai perkara oleh Hakim karena jabatannya yang dilakukan di luar gedung tempat kedudukan pengadilan, agar Hakim dengan melihat sendiri memperoleh gambaran atau keterangan yang memberi kepastian tentang peristiwa-peristiwa yang menjadi sengketa.”

Setelah melakukan berbagai persiapan yang cukup, Tim yang telah ditunjuk segera bergegas menuju lokasi 2 objek sengketa yang berlokasi di Desa Bahodopi Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali.

Sidang dibuka dilokasi dimana 2 objek tersebut berada dengan dihadiri pula oleh pihak Prinsipal Penggugat dalam perkara a quo dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pihak pemerintah desa setempat, dan juga oleh Tenaga Keamanan dari Polsek setempat.

Setelah selesai dilaksanakan pemeriksaan terhadap objek-objek perkara tersebut, Ketua Majelis Delegasi tersebut membacakan hasil pemeriksaan di depan para hadirin yang hadir, dan selanjutnya Sidang Pemeriksaan Setempat tersebut dinyatakan selesai dan ditutup dan hasilnya akan segera dilaporkan dan diserahkan kepada Majelis Hakim Pengadilan Agama Pinrang yang memeriksa perkara a quo.

 

Seperti yang telah diketahui bahwa descente ini dilakukan bertujuan untuk memastikan keberadaan objek antara yang ada dalam gugatan dengan kenyataan di lapangan. Karena seringkali ditemukan data yang ada dalam gugatan dan kenyataan di lapangan berbeda, sehingga apabila majelis tidak melakukan descente dapat berpotensi masuknya hak orang lain dan dapat merugikan pihak-pihak yang tidak berkepentingan terhadap perkara tersebut. Descente merupakan bagian dari tahapan persidangan, Majelis Hakim turun kelapangan untuk melihat secara langsung kondisi (riil) terhadap objek sengketa, apakah objek sengketa yang terungkap di persidangan sesuai dengan kondisi (riil) di lapangan, jangan sampai putusan Pengadilan Agama yang dihasilkan akhirnya nanti non-executable (eksekusi yang tidak dapat dijalankan).

Pengadilan Agama Bungku MOROA!
Mandiri | Objektif | Resik | Optimis | Akuntabel

@humasmahkamahagung
@ditjen.badilag
@pta.palu
@pa_bungku
#MahkamahAgung
#humasmahkamahagung
#DitjenBadilag
#PTAPalu
#PengadilanAgamaBungku
#PABungku
#Indonesia
#SulawesiTengah
#Morowali
#Bungku

tawk.to Module

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bungku

Jalan Trans Sulawesi No. Bente, Bungku, Morowali, Sulawesi Tengah 94973

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

facebook Pengadilan Agama Bungku

wa 085240993139

ig @pa_Bungku

 

JAM PELAYANAN

Senin - Kamis :  08.00 - 16.30 WITA
Istirahat :  12.00 - 13.00 WITA
Jumat :  08.00 - 17.00 WITA
Istirahat :  11.30 - 13.00 WITA